Headline News

header-int

Sekretariat

Posted by : Administrator

Sekretariat

  1. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  2. Sekretaris mempunyai tugas pokok melaksanakan perencanaan, pemrograman dan penganggaran, ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, penataan organisasi dan tata laksana, koordinasi penyusunan perundangan, pengelolaan barang milik negara, dan kerumahtanggaan dinas dalam rangka membantu Kepala Dinas menyelenggarakan urusan dinas.
  3. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada  ayat (1), Sekretaris menyelenggarakan fungsi :
  1. koordinasi kegiatan bidang-bidang di lingkungan dinas;
  2. koordinasi pendataan, rencana, program, dan penganggaran dinas serta informasi publik;
  3. pemberian dukungan administrasi yang meliputi pelayanan umum, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama dan hubungan masyarakat, inventarisasi barang dan aset, pengarsipan dan dokumentasi dinas;
  4. penataan organisasi dan tata laksana;
  5. koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  1. Dalam  melaksanakan fungsi sebagaimana yang dimaksud pada  ayat (3), Sekretaris mempunyai uraian tugas :
  1. merumuskan rencana kerja sekretariat dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas; 
  2. melaksanakan pengkoordinasian sasaran penyusunan rencana strategis dinas, serta pengkoordinasian penyusunan rencana kerja tahunan dan kegiatan operasional dinas;
  3. melaksanakan pengkoordinasian penyusunan  penetapan kinerja dan laporan kinerja dinas, melaporkan kepada kepala daerah secara berkala melalui Kepala Dinas;
  4. melaksanakan pengkoordinasian, laporan penyusunan LKPJ Bupati serta LPPD dan LKPD setiap akhir tahun;
  5. melaksanakan pengkoordinasian laporan daftar hadir pegawai untuk disampaikan secara berkala ke BKD dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah;
  6. melaksanakan pengkoordinasian sub Bagian yang melaksanakan urusan Umum, Kepegawaian dan Keuangan serta  Penyusunan Rencana Program penganggaran dan Laporan Dinas;
  7. merumuskan sasaran yang akan dicapai berdasarkan skala prioritas dan anggaran yang tersedia sebagai dasar dalam pelaksanaan tugas;
  8. melaksanakan pengkoordinasian inventarisasi dan penghapusan barang milik daerah;
  9. melaksanakan pengkoordinasian dan fasilitasi serta mengusulkan pembentukan panitia/ pejabat penerima hasil pekerjaan pengadaan barang/ jasa pemerintah dilingkungan Dinas;
  10. mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan serta mencari alternatif pemecahannya sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh Kepala Dinas;
  11. mengkoordinasikan, mengkonsultasikan setiap kegiatan Sekretariat kepada Kepala Dinas;
  12. memberikan saran dan masukan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;
  13. mengkoordinasikan, menyelia dan mengarahkan  tugas-tugas Sekretariat Dinas;
  14. mengkoordinasikan pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan yang berkaitan dengan urusan Sekretariat; dan
  15. melaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Dalam  melaksanakan tugas dan fungsi tersebut Sekretaris dibantu oleh :

a. Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Keuangan, dan

b. Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan - Kabupaten Pesisir Selatan.
© 2018 Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan. Follow Me : Facebook Youtube